You need to enable javaScript to run this app.

Wali Kota: Pensi Ajarkan Siswa Bertoleransi dengan Ragam Budaya

  • Sabtu, 04 Juni 2022
  • Administrator
  • 0 komentar
Wali Kota: Pensi Ajarkan Siswa Bertoleransi dengan Ragam Budaya

SMPN 4 Singkawang menggelar kegiatan pentas seni (pensi) dan pameran karya seni serta perpisahan peserta didik kelas IX angkatan 2021-2022 di halaman upacara SMPN 4 Singkawang, Jumat (3/6/2022). Kegiatan ini mengangkat tema “Dengan Pentas Seni Dapat Menumbuhkan Bakat Dan Minat Siswa Dalam Berkreasi”.

Pensi SMPN 4 ini turut dihadiri oleh Wali Kota Singkawang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, perwakilan Camat Singkawang Tengah, Lurah Kelurahan Jawa, Ketua Komite Sekolah beserta pengurus, Paguyuban SMPN 4 Singkawang dan undangan lainnya.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengapresiasi upaya SMPN 4 SIngkawang yang menggelar kegiatan pentas seni dan pameran. Ia berharap kegiatan pentas seni ini dapat mengajarkan sikap toleransi dan bertenggang rasa para peserta didik terhadap ragam kebudayan di Kota Singkawang melalui ekspresi karya seni yang ditampikan.

“Melalui pentas seni ini, setiap anak diajarkan dan diasahkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan bakat dan minat mereka di dunia seni. Di zaman yang sudah berubah ini anak-anak harus diarahkan supaya kreatifitas mereka dalam berkarya terasah sedini mungkin. Selain itu, penting juga untuk menanamkan pengajaran mengenai toleransi dan tenggang rasa pada anak sedini mungkin. Tentu, pentas seni ini bisa menjadi ajang unjuk kebolehan dan sarana pengajaran akan ragam kebudayaan Kota Singkawang pada anak-anak kita,” ujarnya.

Ia pun memberikan tantangan bagi siswa yang dapat melantunkan lagu kebangsaan Indonesia. Baginya, pesan-pesan yang terdapat pada lirik-lirik lagu kebangsaan Indonesia yang terus dikumandangkan ini dapat menumbuhkan rasa cinta Tanah Air bagi para peserta didik semenjak dini.

“Kalau anak-anak kita tidak tahu lagu-lagu kebangsaannya sendiri, bagaimana dia bisa mencintai Tanah Air tempat mereka dilahirkan dan dibesarkan. Maka dari itu, sangat penting sekali untuk belajar dan mendengarkan lagu-lagu kebangsaan Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 4 Singkawang Eka Sinta Sari mengatakan kegiatan pentas seni dan pameran merupakan agenda tahunan yang selalu dilakukan oleh SMPN 4 Singkawang. Namun, kegiatan ini baru bisa kembali dilaksanakan setelah 2 (tahun) lamanya pandemi Covid-19 berlangsung di Kota Singkawang.

“Acara ini sempat vacuum 2 (dua) tahun kemarin karena pandemi Covid-19, maka tidak dapat dilaksanakan. Tujuan dari pentas seni ini adalah ajang kreativitas dan bakat dari siswa-siswi SMPN 4 Singkawang, seperti pertunjukkan seni, drum band, puisi dan syair, paduan suara, menyanyi solo, fashion show, olahraga, silat dan lainnya,” ujarnya.

“Selain itu, ada juga pameran karya seni berupa seni lukis, seni rupa, keterampilan dan kerajinan tangan dari siswa-siswi kami. Melalui pensi, kami harap kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk tampil di depan para siswa, guru dan juga masyarakat umum,” tambahnya.

Bersamaan dengan kegiatan pentas seni dan pameran, SMPN 4 Singkawang sekaligus menggelar acara perpisahan bagi siswa kelas IX angkatan 2021 -2022. Kepala Sekolah SMPN 4 Singkawang berharap para siswa kelas IX yang telah melewati masa pembelajaran selama 3 (tiga) tahun ini dapat terus menjaga jalinan tali silaturahmi antar sesama siswa dan pihak sekolah.

“Ada pertemuan, maka ada perpisahan. Tidak ada pertemuan yang abadi, begitu pula dengan perpisahan. Yang terpenting, para siswa-siswi dapat menyimpan kenang-kenangan yang baik da berharga selama 3 (tiga) tahun belajar di bangku sekolah SMPN 4 Singkawang ini,” ujarnya.

 

Sumber : mediacenter

Bagikan artikel ini:
Eka Sinta Sari

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMP…

Berlangganan
Banner